Ketahui Jenis Serangan DDos Attack yang Sering Digunakan Hacker

Tidak bisa dipungkiri keberadaan hacker sudah menjadi hantu bagi setiap pengguna internet. Hal ini tentunya tidak terlepas dari berbagai kerugian yang ditimbulkan dari para hacker tersebut.

Apalagi selain fakta bahwa para peretas ini sering melakukan aksi peretasan dengan menggunakan metode serangan yang berbeda. Salah satu yang banyak dibicarakan orang akhir-akhir ini adalah serangan DDos yang sangat berbahaya.

Bagi yang belum tahu, serangan DDos adalah upaya serangan yang menargetkan jaringan komputer dan server situs web. Tentu saja, dengan maksud mengabaikannya, Anda memengaruhi kebaikan Anda sendiri.

Sesuatu yang Anda pasti tidak ingin mencoba. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis serangan DDos yang biasa digunakan oleh para hacker seperti berikut ini.

Jenis Serangan DDos Attack

1. Jenis Smurf Attack

Jenis DDos Attack pertama yang biasa digunakan oleh para hacker adalah Smurf Attack seperti yang satu ini. Metode serangan ini diketahui banyak orang.

Bagi yang belum tahu, metode Smurf Attack ini menggunakan fungsi ICMP atau dikenal dengan Internet Control Message Protocol.

Nantinya dengan menggunakan fungsi ini akan berpengaruh pada echo request yang kemudian mengirimkan broadcast atau pesan ke jaringan komputer atau server dari website yang diminta. Tidak main-main, jika ini terjadi, server atau jaringan komputer target secara alami akan melambat hingga menjadi lambat. Tak heran, serangan tunggal ini akan merepotkan jika menyerang jaringan komputer atau server komputernya.

2. Jenis UDP Fload

Jenis serangan DDos berikutnya yang sering dipilih oleh hacker adalah jenis serangan Fload UDP.

Bisa dibilang serangan ini sendiri tidak kalah berbahaya dari serangan pertama. Biasanya, jenis serangan ini menggunakan protokol UDP yang ada dan kemudian mencoba menyerang server target.

Perlu juga dicatat bahwa jenis serangan ini mungkin yang paling mudah dilakukan dan bisa sangat efektif. Tidak mengherankan, banyak peretas menggunakan jenis serangan ini. Anda bahkan bisa mengatakan bahwa Anda tidak harus menjadi seorang hacker profesional untuk memanfaatkan serangan ini.

Selain itu, menggunakan metode serangan tunggal ini juga menyembunyikan identitas penyusup. Sesuatu yang pasti akan membuat lebih nyaman dan aman bagi para hacker menggunakan metode serangan ini.

3. Jenis Ping of Death

Untuk jenis serangan yang terakhir, Ping of Death adalah seperti ini. Bahkan, bisa dikatakan bahwa jenis serangan ini mungkin merupakan jenis serangan DDos yang paling umum.

Tidak berhenti sampai di situ, karena jenis serangan ini juga dikenal sebagai yang paling tua. Masalahnya adalah jenis serangan ini tidak cukup kuat untuk menghancurkan server situs web.

Dengan semua penjelasan di atas, pasti akan membuat Anda lebih waspada terhadap jenis-jenis serangan DDos yang sering digunakan oleh para hacker. Jadi jika Anda mengetahui semua jenis ini nanti, Anda bisa lebih berhati-hati jika diserang oleh mereka.

Sumber: https://kritis.my.id/