Apa Itu Domain ? Pengertian Domain Untuk Pemula

Saat membuat situs web, Anda memerlukan dua hal penting: hosting dan domain. Keduanya memiliki peran masing-masing dalam membuat situs dapat diakses oleh orang lain. Membahas mengenai domain, tahukah tentang domain itu sendiri? Yuk simak apa itu domain, pengertian domain untuk pemula dan lain-lain.

Domain adalah sesuatu yang perlu ada di website Anda untuk memudahkan pengguna mengakses domain Anda. Jika tidak, pengguna harus memasukkan IP host untuk mengakses jaringan. Tentu saja, itu akan merepotkan di masa depan. Nama domain adalah salah satu hal yang perlu Anda beli sebelum Anda membangun sebuah situs web. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat membaca detailnya.

Apa Itu Domain ?

Definisi domain adalah nama fisik situs web Anda dan merupakan bagian terpenting dari situs web Anda. Seperti alamat dan nomor telepon, dua nama tidak boleh sama. Anda hanya dapat mengontrolnya jika Anda adalah orang yang mendaftar. Anda juga dapat membeli dan menjual nama ini seperti properti lelang.

Nama domain adalah kombinasi huruf, angka, dan simbol yang dimasukkan pengguna di browser untuk mengakses alamat web tertentu secara langsung. Pendaftar sering menggunakan nama perusahaan atau produk untuk memudahkan pengunjung mengingat.

Bagian ini memudahkan Anda untuk menelusuri web dan mengakses situs web tertentu daripada menggunakan alamat IP, yang merupakan rangkaian angka dan huruf yang digunakan komputer Anda untuk mengidentifikasi situs web. Oleh karena itu, saat membeli nama domain situs web, gunakan kumpulan huruf atau angka yang mudah diingat.

Untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu mendaftar dan membeli nama domain. Harganya tergantung pada ekstensi yang Anda pilih. Kalau namanya tergolong premium, harganya bisa naik berkali-kali lipat. Sebelum membeli, Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah nama domain Anda tersedia. Jika orang lain terdaftar, Anda tidak akan dapat menggunakannya.

Ekstensi Domain yang Paling Sering Dipakai

.com singkatan untuk commercial

.com adalah nama tingkat atas umum pertama yang disukai. Juga, .com awalnya ditujukan untuk organisasi bisnis, jadi penggunaannya tidak ketat. Pada pertengahan 1990-an, .com telah menjadi jenis domain tingkat atas paling populer dan populer untuk bisnis, situs web, dan email.

.net: kependekan dari network

.net ada secara eksklusif untuk organisasi yang terlibat dalam teknologi web, seperti penyedia layanan Internet dan perusahaan infrastruktur. Seperti .com, penggunaan .net dibatasi berdasarkan tujuan jaringan. Tidak heran ekstensi ini berada di urutan kedua setelah ekstensi .com teratas.

.edu: singkatan untuk education

edu secara khusus ditargetkan pada lembaga pendidikan. Di universitas di seluruh dunia, .eduTLD lebih umum di pusat pendidikan AS. Sekolah di negara lain menggunakan ekstensi .edu dan negara tersebut dengan cara yang sama seperti institusi Indonesia sendiri menggunakan ekstensi .ac.id.

.org: singkatan untuk organization

.org adalah untuk organisasi nirlaba. Seperti yang kita lihat di domain tingkat atas lainnya, sebenarnya ada beberapa aturan yang menentukan penggunaannya. Saat ini, .org adalah domain tingkat atas untuk lembaga nonprofit, lembaga nonprofit, sekolah, dan komunitas.

Bagi yang ingin memilikinya, Anda bisa membeli domain name murah dari provider Indonesia. Sudah ada standarnya, jadi tidak ada perbedaan harga yang besar.

Semoga informasi dari gilesduley.org bisa bermanfaat untuk teman-teman dan terima kasih.